JENIS KAYU APA SAJAKAH YANG BISA DIGUNAKAN DALAM MEMBUAT PINTU

Sebagian orang belum banyak mengetahui kayu apa saja, yang bisa digunakan dalam pembuatan pintu. Saat membeli pintu mereka hanya tinggal membeli pintu jadi, dan tanpa menanyakan jenis kayu apa yang digunakan dalam pembuatan pintu yang dibelinya. Saat membeli pintu anda harus berhati-hati agar terhindar dari penjual yang curang. Dalam membeli pintu anda sebaiknya mengamati pintu tersebut apakah ada kecacatan, dan yang terpenting anda wajib menanyakan jenis kayu apa yang digunakan untuk membuat pintu tersebut, agar pintu yang kita beli tahan lama dan tidak mudah keropos. Kayu yang bagus akan mempengaruhi keawetan pintu. Adapun jenis kayu yang digunakan dalam pembuatan pintu diantaranya:

  • Kayu jati

Pintu yang terbuat dari bahan kayu jati terkenal kuat, awet, indah tetapi harganya bisa di bilang mahal. Untuk membeli kayu jati sekarang ini sangatlah sulit dikarenakan pertumbuhan kayu jati yang lambat serta permintaan pintu yang menggunakan kayu jati semakin meningkat dan mengakibatkan kayu jati semakin sulit dicari. Kayu jati yang sudah bisa digunakan dalam membuat pintu memiliki diameter lebar 1,5 meter, karena bila diameter lingkar kayu yang sesuai kualitas kayu dalam membuat pintu pun semakin bagus.

  • Kayu mahoni

Kayu yang satu ini memiliki bunga yang rasanya pahit ternyata sangat bagus untuk digunakan dalam pembuatan pintu. Kayu mahoni memiliki warna coklat kemerah-merahan yang indah sehingga dalam finishing tidak memerlukan chat kayu yang banyak karena warna kayu sudah bagus. Proses pembuatan pintu menggunakan kayu mahoni pun sangat mudah dikarenakan tekstur kayu mahoni yang empuk sehingga mudah untuk mengukirnya.

  • Kayu pinus

Kayu pinus merupakan kayu yang terbilang halus, oleh karena itu kayu pinus cocok digunakan dalam pembuatan pintu kamar. Kayu pinus memiliki kelebihan bisa menyesuaikan perubahan suhu. Kayu pinus di pasaran memiliki nilai jual yang terjangkau dibandingkan kayu-kayu yang lain. Namun kayu pinus memiliki kelemahan yaitu tidak memiliki ketahanan yang lama karena kayu pinus memiliki tekstur yang sangat lembut. Sehingga serangga kayu menyukai jenis kayu yang satu ini.

  • Kayu kamper

Kayu kamper juga bagus sebagai bahan pembuatan pintu karena kayu kamper memiliki ketahanan mendekati kayu jati. Ditambah lagi kayu kamper menjadi solusi bagi anda yang memiliki bujet terbatas dalam pembuatan kayu, karena harga kayu kamper relatif terjangkau dan hampir mendekati harga kayu pinus. Kayu kamper memiliki serat yang saat halus sehingga memudahkan para pembuat pintu dalam melakukan finishing. Biasanya kayu kamper digunakan untuk membuat pintu kamar.

  • Kayu nangka

Tidak hanya buahnya saja yang dimanfaatkan, ternyata kayu nangka juga bisa digunakan dalam membuat pintu. Kayu nangka mempunyai tekstur yang lembut dan berwarna putih kekuningan, biasanya kayu nangka digunakan untuk membuat pintu kamar. Sebelum digunakan untuk membuat pintu, kayu nangka harus didiamkan beberapa hari untuk menghilangkan getah yang dikandung oleh pohon nangka.

Nah beberapa penjelasan mengenai kayu apa saja yang bisa digunakan dalam membuat pintu. Pintu yang bagus bukan dipengaruhi oleh penampilan pintu itu sendiri, melainkan dengan memilih kayu yang berkualitas dan memilih kayu yang sudah tua guna mendapatkan pintu agar awet dan terhindar dari serangga kayu semacam rayap.

Leave a Comment