BAHAYA MENGKONSUMSI MIE INSTAN YANG BERLEBIHAN

Mie instan merupakan salah satu makanan cepat saji yang saat ini kerap dikonsumsi semua kalangan usia. Mie instan memang memiliki rasa yang enak dan praktis dibuat untuk meredam rasa lapar. Apalagi dalam keadaan turun hujan dan udara terasa dingin, pastinya hal ini akan membuat tubuh menjadi hangat. Mengkonsumsi mie instan juga biasanya menjadi kebiasaan anak kos karena praktis untuk dimasak.  Mie instan mengandung tinggi karbohidrat, lemak dan kalori di dalamnya. Namun kandungan nutrisi dalam mie instan terbilang cukup rendah. Bahkan mie instan mengandung pewarna buatan, perasa dan juga pengawet. Sehingga meskipun memiliki rasa yang enak, di sisi lain mie instan dapat menimbulkan dampak negatif. 

BAHAYA MENGKONSUMSI MIE INSTAN YANG BERLEBIHAN

Untuk itu sebelum mengkonsumsi mie instan menjadi kebiasaan anda setiap hari. Maka sebaiknya anda mengetahui beberapa dampak yang ditimbulkan dari mie instan. Adapun beberapa dampak negatif yang bisa diakibatkan dari mengkonsumsi mie instan antara lain:

  • Obesitas

Dampak pertama yang ditimbulkan dari mengkonsumsi mie instan secara berlebihan yaitu obesitas. Sebab mie instan memiliki kalori dan karbohidrat yang cukup tinggi sehingga membuat seseorang menjadi kenyang. Namun banyak orang orang yang melakukan kesalahan yaitu mengkonsumsi mie instan dengan nasi. Bahkan banyak orang yang mengkonsumsi mie instan saat malam hari. Hal sepele tersebut akan memicu kelebihan kalori yang nantinya bisa menyebabkan obesitas.

  • Terganggunya sistem pencernaan

Mie instan merupakan salah satu makanan yang mengandung nutrisi cukup rendah. Sehingga ketika kita mengkonsumsi secara terus menerus, akan menghambat terpenuhinya nutrisi dalam tubuh. Hal ini akan berdampak pada tubuh yaitu terganggunya sistem pencernaan. Sehingga akan berisiko mengalami sembelit, kembung bahkan lebih parahnya mengalami usus bocor. 

  • Berisiko batu ginjal

Mie instan termasuk makanan cepat saji yang memiliki kandungan garam yang cukup tinggi di dalamnya. Sehingga mengkonsumsi mie instan secara berlebihan, dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal. Untuk menghindari hal tersebut, anda harus minum banyak air putih setelah makan mie instan.

  • Kerusakan jaringan otak

Mie instan merupakan salah satu makanan cepat saji yang pastinya mengandung pengawet dan zat kimia lainnya. Untuk itu mengkonsumsi mie instan secara terus menerus akan membuat zat kimia tersebut menumpuk dalam tubuh. Sehingga zat kimia tersebut bisa merusak sel-sel jaringan pada otak. Bahkan dapat memicu terjadinya penyakit stroke ataupun kelumpuhan. 

  • Berisiko kanker

Ketika kita mengkonsumsi mie instan, maka untuk mencerna mie tersebut membutuhkan proses berjam-jam. Hal ini disebabkan kandungan pengawet dan zat kimia lainnya yang ada dalam mie instan. Untuk itu karena proses pencernaan menjadi lambat, membuat zat kimia tersebut bertahan dalam tubuh. sehingga hal ini dapat memicu timbulnya penyakit kanker dalam tubuh. bahkan dapat menyebabkan asma dan diare jika dikonsumsi terlalu sering.

Nah demikianlah beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari mie instan yang perlu anda ketahui. Namun tak berarti bahwa kita dilarang untuk mengkonsumsi mie instan. Kita tetap boleh mengkonsumsi mie instan namun dengan aturan. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk bisa mengkonsumsi mie instan dengan aman. Seperti membuang air rebusan pertama yang mengandung zat pengawet dalam mie instan. Membatasi penggunaan bumbu dan anda bisa dengan menambahkan menu lainnya seperti sayuran agar tetap sehat. Dan yang paling penting yaitu membatasi untuk mengkonsumsi mie instan terlalu sering. Sebab dampak tersebut bisa terjadi apabila kita mengkonsumsi mie instan secara berlebihan.

Leave a Comment